Home Blog View a Blog

Memanfaatkan fitur rekaman video (Video Recording)

Posted By: DIMYATI 1 month ago

Kegiatan pembelajaran tentunya sangatlah bervariasi. Ada yang mengerjakan tugas, ada yang berdiskusi memecahkan masalah tertentu, ada yang diwawancarai terkait kompetensi yang telah diajarkan, ada juga yang diminta membuat proyek atas sebuah topik pembelajaran yang sedang dipelajari. Hiruk pikuk kegiatan ini semua ada yang bersifat tekstual, audio, dan ada pula yang bersifat video. 

Pada pembahasan ini kita akan mengulas fitur rekaman video pada topik pembelajaran peserta didik. Setiap topik pembelajaran yang diberikan pada tabel pembelajaran sudah disertai tombol rekaman video. Fitur ini dapat digunakan untuk menjelaskan secara audio visual terkait tugas yang sedang dikerjakan pada topik pembelajaran tersebut. Caranya adalah dengan mengklik tombol Recording dan melakukan rekaman, diakhiri dengan menekan tombol Stop recording, dan Klik tombol Save untuk memasukkan video hasil rekaman tersebut kedalam lembar kerja. Video yang sudah masuk kedalam lembar kerja tersebut, dapat dikirim sebagai video embeded (tertanam) di dalam lembar kerja dan dapat langsung diplay oleh guru yang memeriksa tugas. Berikut ini contoh tombol rekamannya: 

Setelah berhasil merekam, peserta didik dapat langsung mengklik tombol bergambar Disket (Save) dan video akan langsung masuk kedalam lembar kerja. 

Fitur video ini sangat berguna untuk tugas-tugas yang bersifat performance. Pada kompetensi tertentu guru ingin mengevaluasi sejauh mana kemampuan peserta didik pada aspek performance yang dapat diamati oleh guru. Misalnya performance speaking (dalam Bahasa Inggris) atau perfomance menari pada mata pelajaran seni budaya, dan juga performance lainnya yang membutuhkan pengamatan psikomotor (keterampilan). 

Demikian pembehasan terkait fitur video ini, untuk lebih jelasnya peserta didik dapat langsung login https://douxla.com/login dan coba memanfaatkan fitur rekaman video tersebut.

Last Modified: 2021-09-02 11:03:14