Home Remedial

Feat Remedial

Proses remedial dilakukan ketika hasil belajar peserta didik tidak mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dalam tulisan ini kita akan melakukan simulasi proses pengajuan remedial dari sisi peseta didik dan sisi guru hingga peserta didik mendapatkan nilai akhir dari remedial tersebut.

Tahap 1 - Usulan (Ajuan) Remedial oleh Peserta Didik

Jika hasil evaluasi belajar peserta didik tidak mampu mencapai KKM maka pada worksheet peserta didik tersebut akan muncul tombol Remedial. Tombol remedial juga muncul ketika peserta didik tidak mengerjakan tugas dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh guru mapel. Dalam hal ini guru mapel akan memberikan nilai growing kepada peserta didik tersebut. Nilai growing adalah nilai yang berada dibawah nilai KKM. Berikut ini tampilan remedial peserta didik dalam tabelnya. Klik menu dropdown pada nilai merah tersebut dan klik Buka Pelajaran. Di bagian Student worksheet akan tampil tombol Ajukan Remedial. Lihat tampilan berikut ini: Klik tombol Ajukan Remedial, maka status remedial dari tugas tersebut akan berubah menjadi "Remedial Diajukan". Status tersebut akan tampil selama belum ada persetujuan dari guru mapel. Perubahan ikon senkunder pada tabel akan terlihat seperti ini.

Tahap 2 - Guru menyetujui Remedial

Tampilan ikon pada tabel guru setelah peserta didik mengajukan remedial akan berubah menjadi warna kuning. Itu artinya ada aktivitas pada ikon tersebut. Lihat tampilan tabel guru setelah peserta didik mengajukan remedial. Guru akan mengklik ikon tersebut dan melihat informasi jumlah peserta didik yang mengajukan remedial pada penilaian tersebut. Berikut tampilan menu dropdown jumlah ajuan remedial. Guru mengklik menu dropdown tersebut dan diarahkan ke daftar peserta mengajukan remedial. Di kolom bagian kanan akan muncul status remedial dari peserta didik. Klik tombol status remedial untuk membuka tugas dan melakukan perubahan pada status remedial tersebut. Dalam lembar kerja peserta didik di bagian bawah tugas akan muncul tombol persetujuan remedial. Klik tombol tersebut untuk menyetujui.
Tahap selanjutnya dari proses remedial adalah mengkonfirmasi persetujuan guru mapel. Butuh waktu 1 x 24 jam untuk mendapatkan konfirmasi jika tidak melakukan kontak dengan guru terkait konfirmasi remedial. Namun jika melakukan kontak, tidak butuh waktu lama untuk dapat dikonfirmasi. Setelah guru melakukan konfirmasi, maka tombol Remedial Diajukan akan berubah menjadi kotak informasi bahwa remedial anda disetujui. Tampilan ikon sekunder setelah persetujuan remedial oleh guru Tampilan halaman lembar kerja setelah guru melakukan persetujuan remedial, siap dikonfirmasi dan melakukan perubahan pada lembar kerja tersebut. Anda perlu mengklik tombol Konfirmasi yang ada dibawahnya untuk mengkonfirmasi. Setelah konfirmasi, maka tugas akan kembali aktif untuk dikerjakan. Penting! Jika tugas tersebut adalah tugas kelompok atau tugas berpasangan, maka hanya ketua kelompok yang akan bisa mengedit tugas. Namun, kamu bisa mengambil alih posisi ketua jika kamu bersedia menjadi ketua. Klik tombol Take Over untuk mengambil alih posisi ketua jika kamu bersedia menjadi ketua dan mengedit tugas tersebut.

Tahap 3 - Peserta didik mengerjakan tugas remedial

Setelah remedial disetujui dan melakukan konfirmasi peserta didik yang menjadi ketua kelompok akan melakukan perubahan pada worksheet tersebut sesuai arahan guru dan hasil diskusi dengan anggota kelompok melalui komentar di WA atau di komentar built-in dalam worksheet tersebut. Dalam hal guru melakukan tracking, terhadap keaktifan peserta didik, maka peserta didik diwajibkan menggunakan komentar built-in. Dengan demikian peserta didik yang tidak memberikan masukan atas tugas tersebut mendapatkan masukan dan penguatan dari anggota kelopok lain atau guru mapel.

Tahap 4 - Peserta didik melakukan finalisasi remedial

Setelah tugas dikerjakan dengan sempurna, dengan mengakomodir seluruh masukan dan saran dari anggota kelompok. Ketua kelompok dapat mengaktifkan tombol finalisasi dan kirim tugas yang ada dibagian bawah lembar kerja dan diakhiri dengan mengklik tombol Simpan di bagian bawahnya. Perhatikan gambar berikut ini!

Tahap 5 - Guru memeriksa tugas remedial dan skoring

Setelah remedial difinalisasi dan dikirim oleh peserta didik, maka guru akan memeriksa tugas tersebut dan melakukan penskoran menggunakan grading sistem dari rubrik tugas tersebut, sehingga peserta didik mendapatkan nilai akhir dari remedialnya.