Home Tables

Two Tables

Ada dua tabel yang perlu dikelola baik oleh guru maupun oleh peserta didik, yaitu tabel pengetahuan dan tabel keterampilan

ISI TABEL PESERTA DIDIK

Pada sisi peserta didik, isi kedua tabel tersebut adalah daftar pembelajaran, tugas (worksheet) dan juga sekaligus nilai (hasil belajar). Bagaimana itu bisa dicampur aduk? Kedengarannya agak rancu ya? Namun ketika kita melihat tabel yang dimaksud maka kerancuan itu akan segera sirna.

Di awal masuk kelas, peserta didik akan melihat kedua tabel tersebut yang mana isi tabel berupa ikon masih terkunci dengan ditandai ikon gembok (locked) pada setiap ikonnya. Tampilan ini mengindikasikan bahwa tabel tersebut belum disiapkan untuk dieksplore oleh guru mapel. Pada waktu (Jadwal) yang telah ditentukan satu persatu ikon pada tabel tesebut akan dibuka (Unlocked) untuk disingkap isinya. Berikut tampilan tabelnya. Pada tabel diatas, ikon-ikon dalam isi tabel merepresentasikan model (cara) pengerjaan tugas bagi peseta didik. Ikon dengan gambar 1 orang berarti tugas tersebut dikerjakan secara individu. Ikon dengan gambar dua orang tugas tersebut dikerjakan secara berpasangan dan ikon bergambar 3 orang berarti tugas tersebut dikerjakan secara berkelompok. Pada tabel di atas, terlihat sebagian bukan lagi ikon, akan tetapi tampilan nilai. Hal ini dikarenakan pada kotak-kotak tersebut peserta didik sudah mendapatkan nilai. Dan berikut ini tampilan tabel keterampilan. Pada tabel keterampilan sama saja dengan tabel pengetahuan. Hanya saja pada tabel ini berisikan desain pembelajaran praktikum (keterampilan). Penjelasan lebih jelas mengenai dua tabel tersebut diatas akan diuraikan dalam tutorial berikutnya

Deskripsi fitur tabel peserta didik
1. Ikon Utama

Ikon utama adalah ikon yang menggambarkan model kolaborasi peserta didik dalam mengerjakan tugas. Model kolaborasi yang dimaksud adalah apakah tugas dikerjakan secara berkelompok (ditandai dengan ikon tiga orang dalam group), atau berpasangan (dua orang yang mengangkat benda), atau secara individu (satu orang dengan layar dibelakangnya). Tampilan ikon ini akan muncul secara otomatis menyesuaikan dengan model kolaborasi yang dirancang oleh guru mapel pada saat menyusun materi ajar. Perhatikan tabel diatas untuk melihat model ikon utama ini.
Ikon-ikon utama tersebut akan digantikan oleh angka score jika guru telah memberikan score pada tugas peserta didik pada pembelajaran tersebut. Di akhir pembelajaran, jika semua pembelajaran telah tuntas dilaksanakan makan ikon-ikon tersebut akan sepenuhnya digantikan oleh angka score.

2. Ikon Sekunder

Ikon sekunder berbeda lagi. Untuk ikon sekunder ini berfungsi menunjukkan status dari kegiatan pembelajaran pada penilaian tersebut. Ikon yang sering muncul ada ikon gembok, yang artinya pembelajaran tersebut masih terkunci (belum disiapkan) oleh guru mapel. Sedangkan jika ikonnya gembok terbuka berarti pemebalajaran tersebut sudah siap untuk dilaksanakan. Namun ada juga ikon lain akan muncul tergantung dari status pembelajaran tersebut. Berikut daftar lengkap status ikon sekunder.

Pembelajaran masih terkunci
Pembelajaran sudah siap untuk dilaksanakan
Tugas sudah dikirim dan belum diperiksa
Remedial sedang diajukan oleh peserta didik
Remedial di setujui (Approved)
Remedial sedang dikerjakan
Remedial telah dilaksanakan (Done)
Tugas sudah selesai dan sudah dinilai

3. Bar Status

Bagian terakhir adalah bar status. Yaitu tampilan grafik batang yang ada dibagian bawah ikon utama yang ditampilkan secara horisontal. Jika 1 bar, artinya status pembelajaran tersebut sedang disusun instruksi tugasnya oleh guru mapel. Jika 2 bar, artinya rubrik penilaian sudah disusun. Jika 3 bar, artinya materi ajar sudah selesai disusun oleh guru mapel. Jika 4 bar, artinya peserta didik sudah menyelesaikan tugasnya pada pembelajaran tersebut. Bar tersebut befungsi untuk mengontrol keterlaksanaan tugas-tugas yang ada dalam tabel pembelajaran baik oleh peserta didik maupun oleh guru mapel.

4. Kalkulasi Nilai dan Grade

Kolom terakhir dari tabel pembelajaran peserta didik adalah kolom kalkulasi nilai rata-rata dari nilai yang ada di baris tabel pembelajaran. Jumlah akhir dari skor tersebut adalah dihitung dengan menggabungkan penilaian yang belum selesai dilakukan. Oleh karenanya jika jumlah akhirnya masih dibawah KKM, perhatikan apakah semua penilaian sudah dilakukan. Jika tidak, maka jumlah tersebut belum mewakili nilai akhir anda.
Sedangkan grade yang ditampilkan adalah dimulai dari D = Kurang, C = Cukup, B = Baik, dan A = Amat Baik. Nilai grade ini bergantung pada nilai akhir. Sedangkan kriteria penentuan grade berdasarkan perhitungan rentang KKM pada mata pelajaran tersebut. Lihat table rentang nilai KKM yang ada dibagian bawah tabel pembelajaran untuk lebih jelasnya.

ISI TABEL GURU

Isi tabel guru agak sedikit berbeda dengan tabel peserta didik. Perbedaannya adalah terletak pada kolom terakhir. Jika pada tabel peserta didik kolom terakhir adalah rata-rata nilai maka dalam tabel guru tidak terdapat kolom rerata nilai. Namun demikian, kemiripannya terletak pada jenis ikon dan konfigurasi tabelnya. Meskipun kedua kemiripan tersebut memang mirip namun fungsinya sama sekali berbeda. Kalau pada tabel peserta didik ikon-ikon digunakan untuk membuka pelajaran, pada tabel guru ikon-ikon tersebut memiliki fungsi yang lebih luas. Yaitu mencakup manajemen pembelajaran, dan juga menunjukkan status kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Berikut tampilan tabel guru. Dan berikut ini tampilan tabel keterampilannya. Konfigurasi kedua tabel diatas sama dengan konfigurasi tabel peserta didik. Hal ini dikarenakan pada saat scoring template oleh guru, konfigurasi tabel guru diwariskan ke template nilai peserta didik.

Deskripsi fitur tabel Guru

Fitur yang ada pada tiap ikon tabel guru dapat dijelaskan dengan mengklik pada ikon tersebut dan melihat daftar fitur yang tersedia. Berikut tampilan menu dropdown setelah ikon di klik.

FITURPENJELASAN
Semua TugasUntuk melihat semua tugas yang sudah masuk
Semua MasukNotifikasi tugas yang baru masuk
Ajuan RemedialNotifikasi ajuan remedial yang baru diusulkan
Edit InstruksiMengedit instruksi mengerjakan tugas pada tiap pembelajaran
Rubrik PenilaianMembuat dan mengedit rubrik penilaian
Materi AjarMenyusun Module (E-Module) Materi Ajar
Kunci MateriMengunci pembelajaran (materi ajar)
Fitur untuk seluruh ikon untuk kedua tabel (pengetahuan dan keterampilan) sama saja. Namun untuk tabel pengetahuan ada ikon ujian. Yang mana didalamnya terdapat aktivitas untuk melakukan ujian akhir semester. Berikut tampilan menu dropdown Ujian Akhir. Fitur yang terdapat pada ikon tersebut adalah.
FITURPENJELASAN
Hasil UjianMelihat hasil ujian untuk seluruh peserta didik yang ikut ujian
Sesi Ujian AktifMelihat peserta didik yang masih aktif ujian
Edit InstruksiMengedit instruksi mengerjakan ujian
Instrumen EvaluasiBerisi soal-soal (Bank Soal) yang akan diujikan
Aktifkan/Kunci UjianMengunci atau mengaktifkan ujian
Ikon ini hanya muncul pada bari KD pertama dari KD 3. Untuk ikon selanjutnya ditampilkan dalam bentuk tanda centang, yang artinya semua baris tersebut mengikuti proses yang dilakukan di KD pertama. Maksudnya, Instrumen penilaian untuk KD berikutnya disusun sekaligus di KD pertama.
Demikian fitur tabel peserta didik dan guru pada section ini.