Home Remedial

Mats Assesment

Materi dan asesmen merupakan satu paket yang tidak dapat dipisahkan. Materi disajikan kepada peserta didik kemudian diikuti dengan latihan dan diakhiri dengan asesmen. Diawal pembahasa ini akan kita eksplore bagaimana menyusun materi ajar, dan di bagian kedua mabgaimana menyusun rubrik dan melakukan asesmen.

Menyusun Materi Ajar

Menyusun materi ajar merupakan aktivitas rutin bagi guru di setiap semester. Aktivitas ini tentunya diawali dengan melakukan analisis KI dan KD kemudian menyusun IPK dari setiap KD tersebut. Dalam menyusun materi ajar berbasis digital sifatnya compact (dikompres) hanya pada materi yang dianggap paling krusial untuk dipelajari peserta didik. Namun versi lengkapnya dapat didownload dalam bentuk PDF dll. Compact yang dimaksudkan disini adalah kontekstual. Materi fokus kepada IPK yang dikembangkan, yang secara instant peserta didik dapat menangkap maknanya dan melakukan pengembangan pada kesempatan lain melalui materi lengkapnya. Untuk menyusun materi ajar kedalam sistem douxla dapat membaca lebih lengkap disini.

Menyusun Rubrik

Setelah materi ajar tersusun kedalam tabel guru, langkah selanjutnya adalah menyusun rubrik penilaian. Rubrik sangat dibutuhkan untuk setiap aspek penilaian yang telah disusun dalam setiap KD. Rubrik menjadi acuan utama guru dan peserta didik dalam menyelesaikan tugas dan mengembangkan kemampuannya dalam aspek yang dinilai. Setiap tugas yang diberikan oleh guru harusnya dinilai dengan rubrik. Berikut ini adalah cara menyusun rubrik.

1. Masuk ke menu dan membuat rubrik baru
Untuk masuk ke menu rubrik, anda dapat mengklik ikon pada setiap rencana penilaian yang ada dalam tabel guru. Lihat tampilan menu membuka rubrik berikut ini: Pilih salah satu ikon penilaian kemudian klik tombol anak panah dropdown dan pilih menu Rubrik Penilaian. Langkah selanjutnya adalah mengisi rubrik dengan cara mengetik kriteria penilaian pada tugas yang akan diberikan kepada peserta didik. Untuk menambah baris (item rubrik) klik pada tombol [+ Baris] dan ketiklah kriterianya. Lihat contoh mengisi rubrik dibawah ini. Pilih teknik penilaian, misalnya Penugasan. Dalam hal ini tugas yang ditagih harus memenuhi keriteria sebagaimana yang disebutkan dalam rubrik. Rubrik ini akan tampil di lembar kerja (worksheet) peserta didik. Oleh karenanya deskripsi rubrik harus mencakup kompetensi yang diinginkan oleh guru dari peserta didik berdasarkan IPK yang telah didesain dalam RPP.
Setiap item rubrik akan secara otomatis memiliki rentang score 1 - 5. Contoh: Untuk item 1 "Menyebutkan konsep dengan jelas", akan ada rentang score 1 - 5 pada item tersebut, yang artinya 1 = Tidak jelas, 2 = Kurang jelas, 3 = Cukup jelas, 4 = Sudah jelas, dan 5 = Sangat jelas. Oleh karenanya, penyusunan setiap item rubrik harus mengingat rentang skor ini agar bunyi rubrik mengacu pada rentang tersebut.
Untuk menghapus baris, jika misalnya ada baris yang tidak diperlukan atau ingin dihapus. Klik pada tanda centang di baris yang ingin dihapus dan klik tombol hapus baris. Setelah rubrik lengkap diisi klik tombol Save Rubric dan klik tombol Back untuk kembali ke halaman tabel pembelajaran.

2. Menghapus rubrik
Jika rubrik yang sudah dibuat, kamudian ingin dihapus. Klik tombol Delete ikon tong sampah berwarna merah dibagian bawah halaman rubrik. Namun perlu diingat, menghapus rubrik tidak akan menghapus nilai peserta didik yang telah dinilai dengan menggunakan rubrik tersebut. Namun jika ingin menilai kembali peserta didik yang telah dinilai maka item rubrik sudah tidak relevan lagi. Oleh karenanya, semua peserta didik yang telah dinilai tidak boleh dinilai lagi dengan rubrik yang baru.

Melakukan Asesmen dengan Rubrik

Untuk melakukan asesmen dengan rubrik maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan membuka tugas peserta didik yang masuk pada item penilaian dalam tabel pembelajaran. Perlu diingat bahwa peserta didik tidak akan bisa membuat tugas sebelum guru selesai menyusun rubriknya. Oleh karenanya, rubrik bersifat mutlak untuk disusun pada setiap item penilaian. Berikut ini perubahan ikon penilaian setelah ada tugas masuk dari peserta didik. Terlihat ikon penilaian berubah menjadi warna kuning, dan jika diklik akan muncul menu dropdown yang menunjukkan bahwa ada tugas masuk atau ada remedial masuk. Klik pada menu yang memiliki tugas baru yang ditandai dengan angka disisi kanannya. Berikut tampilan daftar tugas yang baru masuk. Tanda silang merah dibagian kanan tugas berarti tugas tersebut belum final (selesai) dikerjakan. Jika sudah difinalisasi oleh peserta didik maka akan berubah menjadi tanda centang. Klik pada tombol maka lembar kerja (tugas) peserta didik akan muncul disertai rubrik penilaian dibagian bawahnya. Perhatikan gambar berikut. Perhatikan scoring rubricnya, item pertama muncul dengan rentang nilai 1 - 5. Guru dapat mengklik pada rentang nilai tersebut sesuai dengan opininya terhadap tugas yang dikerjakan oleh peserta didik. Begitu seterusnya untuk nomor (kriteria) rubrik selanjutnya, masing-masing memiliki rentang nilai 1 - 5. Setelah guru mengklik seluruh kriteria rubrik tersebut, maka dibagian paling bawah akan ada nilai akhir dari tugas peserta didik tersebut. Jika tugas tersebut adalah tugas berpasangan atau tugas berkelompok, maka anggota kelompok akan mendapatkan nilai yang sama. Lihat gambar berikut ini. Klik pada tombol Apply Score dibagian kanan bawah untuk menerapkan nilai tersebut kepada peserta didik dan kelompoknya. Pemberian skor pada rubrik ini adalah langkah terakhir dari proses asesmen terhadap materi ajar pada penilaian tersebut. Namun jika hasil akhir dari asesmen tersebut bernilai dibawah KKM, maka peserta didik akan secara otomatis mendapatkan tombol remedial pada lembar kerja mereka, dan dengan demikian proses asesmen akan berlanjut pada aktivitas remedial. Demikian yang dapat diterangkan pada section ini. Wassalam.!