Cari di web!

Masukkan kata kunci anda. Hasil pencarian adalah dari google!

 

 

 

Cara Belajar di DX E-Learning

Cara belajar di DX E-Learning (DXL) pada hakikatnya hampir sama dengan e-learning pada umumnya yaitu pengajar menyediakan materi/bahan ajar dan peserta didik membaca, menonton, atau melakukan serangkaian kegiatan berdasarkan instruksi bahan ajar. Namun demikian keunikan pada DXL terletak pada spesifiknya konten materi ajar yang dibagikan. Mari kita lihat skema sajian berikut:

Skema sajian pembelajaran di DXL akan kami bahas dalam 2 sisi yaitu di sisi student dan di sisi teacher. Penjelasan ini mencakup alur kegiatan dan model tampilan yang di dilihat oleh kedua belah pihak. 

1. Sisi Student. 

Student pertama-tama melakukan registrasi melalui laman e-learning di menu register, kemudian masuk ke panel e-learning. 

Didalam panel e-learning student membuka fitur Tugas, dimana seluruh tagihan untuk semua mapel yang tergabung dalam e-learning dapat dilihat disana. Berikut tampilan tugas: 

pada fitur tugas ini peserta didik diberikan link ke module yang bisa dipelajari secara mandiri ataupun dengan tuntunan teacher. 

Disamping module ada tombol Kerjakan. Tombol ini berfungsi untuk mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi yang muncul pada setiap KD yang direncanakan oleh teacher. 

Ketika tombol kerjakan ditekan maka student akan diberikan form penulisan tugas. Student dapat mengupload gambar, file, video, dan model tagihan lainnya yang diminta oleh teacher. Pada jendela article student bisa langsung menulis article yang bergambar dengan cara drag and drop gambar pada content tinymce editor. 

Pada fitur tugas juga terdapat ujian CBT (computer based test) untuk melakukan tes kompetensi berbentuk soal. Fitur ini memungkinkan teacher melakukan tes pada kompetensi-kompetensi tertentu. Berikut tampilan proses ujian: 

Fitur ujian CBT tersebut dapat dikustomasi oleh teacher dengan menyusun soal sebanyak yang ia rencanakan. Hasil dari CBT akan langsung tercatat pada panel teacher, sedangkan jika dalam evaluasi tersebut terdapat soal dalam bentuk essay maka akan ada tombol pemeriksaan soal essay pada hasil ujian peserta didik (dibahas lebih detail di bagian teacher). Berikut hasil sementara yang muncul di panel student ketika selesai ujian:

Hasil ujian ditampilkan dalam bentuk daftar KD yang telah diujiankan, dengan demikian student langsung mengetahui KD mana yang scorenya lemah dan tindakan apa yang harus dia lakukan. 

Pada fitur tugas ini peserta didik akan melihat tombol waiting setelah mengerjakan tugas yang diberikan oleh teacher. Tombol waiting muncul berarti tugas sedang menunggu diperiksa oleh teacher. Berikut tampilan tugas dengan tombol waiting: 

Namun setelah tugas tersebut mendapatkan respon dari teacher misalnya telah diperiksa maka tombol waiting akan berubah menjad score dengan nilai scorenya.

Student dapat melihat score lengkap sementara di fitur Rapor untuk mengecek secara keseluruhan. Berikut tampilan fitur Rapor: 

Peserta didik diberikan waktu tertentu untuk menyelesaikan tugasnya. Jika dalam waktu yang telah ditentukan tidak dikerjakan juga, teacher dapat memasukan nilai tidak tuntas pada KD tagihan, dengan demikian peserta didik tidak dapat lagi mengerjakan tugas pada KD tersebut. Untuk dapat menuntaskan nilainya peserta didik harus menghubungi teacher pengampu mata pelajaran tersebut. Setelah terjadi kesepakatan teacher melakukan penghapusan nilai dan mengaktifkan kembali tombol kerjakan tugas. Atau teacher dapat memberikan tugas offline, setelah tugas terkumpul teacher dapat mengkoreksi nilai student tersebut. 

2. Sisi teacher

Di sisi teacher pertama-tama teacher harus melakukan registrasi pada sistem e-learning yang sama dengan students, yaitu DXL. Setelah teacher masuk ke panel teacher maka akan menemukan 5 fitur berikut ini:

1).  STUDIES adalah tempat manajemen pembelajaran, dimana mengelola score student, mengirim notifikasi ketidaklengkapan tugas pada students, melakukan manajemen students seperti menambah student baru, mengedit, membuat akunnya, dan lain sebagainya. Menambah student bisa dilakukan oleh teacher jika student yang bersangkutan tidak bisa melakukan registrasi sendiri. 

Pada fitur STUDIES, teacher akan dihadapkan pada daftar kelas yang sedang diajari sekarang. Kelas dalam konteks ini bisa saja kelas sungguhan pada sebuah institusi pendidikan atau kelas virtual yang diciptakan oleh teacher tersebut. Berikut tampilan datar kelas: 

Kelas diberi nama tertentu sesuai dengan angkatan belajarnya. Pada institusi pendidikan, kelas dapat dibuat oleh admin sistem pada institusi tersebut, sehingga teacher langsung mengisi students pada kelas tersebut. 

Jika teacher mengklik pada kelas tersebut maka akan ditampilkan manajemen students (daftar students pada kelas tersebut). Teacher dapat mengedit students. Berikut tampilan isi kelas: 

Kelas virtual ini dapat langsung digunakan oleh teacher lain pada mapel lain dengan daftar students yang sama. Oleh karena mekanisme pengeditan dan penghapusan students harus dilakukan oleh admin sistem pada institusi tertentu atau admin yang ditunjuk oleh teachers. Dengan demikian teachers yang mau menghapus atau melakukan tindakan tertentu yang menyebabkan students terputus dari sistem e-learning harus diajukan pada tombol ajukan disamping kanannya. Dengan mekanisme tersebut maka validitas student list dapat lebih terpercaya. 

Teachers juga akan memeriksa tagihan-tagihan yang masuk atas tugas yang diberikan kepada students. Cara memeriksa tagihan yaitu dengan memilih nama mapel yang ada di bagian atas daftar students. Lihat cara pilih mapel: 

Jika teacher mengklik pilihan nama mapel tersebut maka tampilan students management berubah menjadi students tasklist seperti gambar diatas. 

Perhatikan tabel di atas. Warna terang pada isi cell tabel tersebut menunjukkan ada penilian disitu. Misalnya KD 3.6 ada dua kali penilaian yaitu P1 dan P2, KD 3.7 satu kali penilaian saja yaitu P1, begitu seterusnya.

Pada cell-cell yang terang itulah nantinya tugas-tugas atau tagihan dari peserta didik akan ditampilkan. Perhatikan tampilan ketika ada tugas yang masuk dari peserta didik berikut ini:

Dari tabel di atas Salma Soleha telah mengerjakan tugas pada KD 3.6 P1 dan KD 3.7 P1 dan belum diperiksa oleh teacher. Untuk memeriksanya cukup mengklik pada logo T tersebut maka tugas yang dikerjakan oleh student langsung terbuka. Setelah tugas terbuka teacher melakukan pemeriksaan apakah tugasnya sudah sesuai. Setelah dilakukan pemeriksaan teacher akan memberikan score pada tugas tersebut dengan menglik tombol Edit Score yang ada pada sudut kanan atas tiap tabel students lihat tampilan edit score berikut ini: 

Editable cells (cell yang bisa diedit) hanyalah cell yang berwarna terang sesuai dengan rencana penilaian yang disusun oleh teacher. 

Setelah melakukan save dari proses edit nilai maka logo T pada tugas akan berubah menjadi nilai score. Nilai score yang ada tugasnya dapat diklik kembali untuk menampilkan kembali tugas tersebut. Hal ini memberikan keyakinan kepada teacher atas score yang diberikan kepada students tersebut. 

2). EVALS, fitur evals adalah tempat untuk menulis soal. Soal-soal yang ditulis pada evals adalah soal pada kompetensi yang direncanakan oleh teacher. Berikut contoh daftar KD yang akan dibuatkan soal: 

Daftar KD dalam halaman EVALS diatas lengkap dengan informasi berapa kali penilian yang direncanakan oleh teachers tersebut, dibawahnya informasi terkait jumlah soal (pertanyaan) yang telah dibuat. Jumlah soal yang ditampilkan pada daftar ini termasuk soal-soal yang disusun oleh teacher lain pada mapel dan KD yang sama. 

3). MODULES. Modules adalah tempat untuk menuliskan module-module yang akan diberikan kepada peserta didik. Modules terdiri dari 2 jenis. Yang pertama adalah Module, yaitu module pembelajaran yang akan dibaca, didownload, atau ditonton oleh students. Sedangkan yang kedua adalah modul evaluasi, pada modul evaluasi ini isinya adalah kumpulan soal yang akan dikerjakan oleh students. Berikut tampilan daftar module: 

Untuk menambah module klik pada tombol +EVA untuk module dengan jenis evaluasi dan +MOD untuk module dengan jenis module belajar student. 

4). FORUM, adalah tempat membuka topik-topik diskusi dengan students. Topik yang dibuat berkaitan dengan aktivitas belajar yang telah dilaksanakan. Teacher dapat mengelola topik dan sub topik forum dan melakukan moderasi atas kegiatan pembahasan dalam forum. 

5). BLOG, teachers juga dapat memposting blog post yang akan ditampilkan di section blog pada laman DXL.